Senin, 08 Juni 2015

HIKING PERTAMA GUNUNG BONGKOK 975 mdpl

Malam itu tanggal 5 Juni 2015, tiba-tiba mas Tri di BBM dan cerita kalau dia mau Hiking bareng temennya. Aku kira awalnya dia cuma cerita semacam pamer aja. Eh taunya dia malah ngajak aku. Duh rasanya seneng banget. Udah lama mau hiking bareng my best tapi belom terlaksana karena takut kalo cuma berdua. Mana kami berdua kan imut banget. HAHAHA

Oke, singkatnya akhirnya aku ajak Astri buat nemenin naik gunung hari minggu nanti. Ngga lupa juga dia ngajak temennya yang namanya Nirmala buat ikut. Karena kata Astri, Nirmala juga pengen naik gunung tapi belom terlaksana. Oke ada perempuan 3. Mas Tri bawel banget pokoknya. Dia bawel masalah para cewe yang takut ngaret pas hari H. Kata dia, cewe dandannya lama. Jadi tiap chat, dia slalu ngeluarin kalimat “awas ya ntar ngga boleh telat” pffft :|

Akhirnya hari sabtu pun tiba. Di malam itu aku udah stand by 2 alarm hp. Satunya jam 3.30 satunya lagi jam 3.45. Karena pada rencananya, kita kumpul jam 5 pagi di pos polisi ciganea. Dan… malam itu pun tidur aku sangat amat ngga nyenyak. Alasannya cuma 1. Takut kesiangan…..

Hari minggu tanggal 7 juni 2015..

Pagi itu jam 3, aku kebangun karena ada tetangga yang tereak-tereak “GOOOOOOL” dan itu cukup dalam membuat aku terjaga. Kira-kira jam setengah 4, Mas Tri udah nge-PING!! aku mulu. Katanya sih takut aku belom bangun. Mana bisa anak rajin kayak gini bangunnya telat. Ciyeee wkwkwk

Jam 3.30 aku langsung mandi. Siap sudah jam 4. Lanjut shalat trus jemput Astri. Sepanjang perjalanan sepi banget. Dingin dan terasa mencekam wkwk. Apalagi waktu nunggu Astri di pinggir jalan. Ish serem. Waktu itu udah jam 4.53 aku takut telat. Mana Astri belom menampakkan batang hidungnya. Akhirnya Astri nongol 5 menit kemudian. Aku langsung gas motor menuju pos ciganea. Kita beneran sampe sana 5.00. Gila kan ontime banget coooy. Eh pas disana Mas Tri belom nongol. Dih dasar. Siapa coba yang ngaret dasar cowo wleeeee… setelah nunggu kurang lebih 15 menit, akhirnya dia datang ditambah cengar-cengir dan ban motornya yang kurang angin -____- setelah kesana kemari nyari tukang tambal ban, akhirnya perjalanan kita berlanjut menuju lokasi pendakian yaitu gunung bongkok di daerah kampung cikandang, plered. Dari pintu gerbang pasar sukatani (pinggir jalan) kita harus menempuh kurang lebih 1 jam hingga sampai ke pintu masuk gn bongkok. Rencana awal sih mau liat sunrise katanya tapi apa mau dikata… kita sampai di lokasi pendakian jam setengah 7. Ditambah cowo-cowo ngopi dulu, kita mulai mendaki jam 7 pagi dan sudah terang. Mana aku bawa-bawa senter tuh yang katanya mau dipake buat gelap, taunya sampe sana terang benderang. Dasar wkwk


Setelah kita markir motor dengan tiket 5 ribu dan bayar tiket masuk gunung juga 5 ribu, kita siap mendaki. Pendakian ini diawali dengan kepercayaan bahwa kita pasti bisa.




Awal-awal pendakian sebenernya kaki aku udah terasa sedikit bergetar. Mungkin karena merasa ngga sanggup. Tapi ngga mungkin aku ngga bisa. Toh Dani bilang gunung ini cuma punya tinggi 975 mdpl. Ngga setinggi gunung bromo bahkan mahameru. Aku yakinin diri bahwa aku pasti bisa.


Temennya Astri, yaitu Nirmala udah berkali-kali bilang ke aku “aku ngga sanggup naiknya. Cape banget” sebenernya aku juga ngerasa kayak gitu. Tapi aku tetep percaya diri. Semua itu pasti mungkin terjadi kalau kita berusaha. Dengan berkali-kali kita terpeleset, berkali-kali kita terjatuh. Dan mengharuskan kita untuk berhenti sejenak untuk istirahat. Selain itu, pendaki juga punya etika bahwa kita sang pendaki puncak harus mengalah dengan berhenti ketika ada pendaki yang akan turun ke dasar. Hal itu dikarenakan jalanan turun akan terasa lebih berbahaya dibandingkan dengan jalanan menanjak. Hal itu lumayan menyita waktu kita. Tapi itu emang udah resiko, soalnya kita mendaki terlalu siang, yaitu disaat orang lain udah selesai dengan sunrisenya.


Kita sampai di puncak pendakian jam 9.30an. Disana udah panas dan terang benderang cuma enak anginnya sepoi-sepoi. Apa lagi yang kita lakukan disana selain minum, makan, menikmati pemandangan dan… you know selfie. HAHAHA. Disana indah banget viewnya apalagi pas banyak burung berterbangan gitu. Rasanya gimana gitu… sayangnya mereka semua susah banget di foto. Sekalinya kena foto, ya cuma garis kayak gambar-gambar kita waktu SD dulu. Disana juga kita buat foto-foto alay. Eh Astri deng yang mempelopori ke-ALAY-an itu. You know kan, foto dengan tulisan-tulisan itu loh. Mainstream. But, itu menyenangkan. Aku cuma ikutan aja foto sama kertas yang dia buat, lumayanlah nambahin gallery. HAHAHA.

indah ya viewnya









Diatas, ada beberapa atau ya segerombolan anak gitu keliatannya seumuran anak SD dan ya paling tua itu anak SMPlah. Mereka disana ngerokok. Sedih banget rasanya ngeliat anak-anak jaman sekarang. Masih kecil udah ngerokok. Lama-lama minum alcohol, lalu selanjutnya? Ah miris kalo diceritain. Mungkin pengen keliatan keren. Cuma ya… mereka salah dalam memilih gaya. Entahlah, karena pada akhirnya tiap-tiap orang punya jalannya masing-masing. Kita cuma bisa ngingetin aja :)

Disana kurang lebih satu setengah jam kita menikmati keindahan dan foto bareng, akhirnya kita turun. Tapi kita ngga langsung turun, karena rencana mau ke puncak datar (sekarang kita lagi di puncak batu) tapi ternyata kita ngga nemuin jalan menuju puncak datar. Haha… akhirnya kita milih duduk-duduk di perbatasan sebelum pulang, dengan ya.. kebiasaan kita yaitu foto-foto.





ohya, ada satu sesi dimana mas Tri berasa so artis. Dan FYI, paragraf ini juga di request sama dia looh -____- pada bagian ini, kami para wanita imut berasa harus antri buat bergiliran foto bareng sama dia. Coba apa banget? mana kalau diliat dari mimik wajahnya, dia begitu tertekan dan sulit mengekspresikan perasaannya wkwk. Perhatikan pula wajah dia di semua foto. Pertanyaannya, kenapa muka dia paling bermimik aneh ketika foto bareng sama aku? Apa karena aku pun aneh? Aku rasa ngga. Mas... tolong klarifikasi. Aku ngga mau nama aku jelek dimata publik. Ini apa banget? wkakakaka... :x




Setelah puas foto-foto, kita turun ke bawah. Waktu itu jam 12an. Ternyata bener, jalan turun lebih susah daripada jalan menanjak. Apalagi pas ada tali-talinya gitu. Kita bener-bener emang harus saling ngebantu buat turun ke bawah. Tanpa saling bantu rasanya pasti susah banget. Pada suatu turunan bertali dengan Imam di bawah yang niatnya nahan aku, aku yang udah lemes padahal sudah sangat hati-hati malah kepental ke batu lancip yang lumayan besar. Mungkin karena dia terlalu kuat narik tapi aku ngga bisa seimbangin. Lumayan itu, bikin paha aku lecet-bengkak-biru. Sampai jalan dan make celana panjang rasanya OMG OMG. Cuma ngga apa-apa, namanya juga kecelakaan, siapa yang tau?


Beberapa kali kita istirahat waktu turun, karena emang lumayan hah-heh-hoh dan mengerti Nirmala juga. Dan 2 kali juga ulet bulu nempel di kaki. Lucunya tuh ulet bulu pas kita turun gunung, jadi ada ulet bulu di kaki aku, karena aku kaget, langsung aja ambil daun kering dan tempelin ke kaki yang ada ulet bulunya, trus aku lempar entah kemana. Disitu aku baru sadar, kalau depan aku ada Tri, Imam dan Ikmal. Aku langsung bilang “kelempar kemana tuh ulet bulu?” pas itu Ikmal secara reflex ngacak-ngacak rambutnya sambil pasang muka was-was. Ngakak juga sih. Eh, engga juga sih Jen kayaknya -____-

Di suatu jalan, Aku, Astri, Ikmal dan Imam berada didepan. Sisanya mas Tri, Nirmala, temennya dan Dani masih diatas buat bantu Nirmala turun. Kita nunggu mereka di suatu tikungan (?) lumayan lama. Akhirnya Astri, entah bosen atau udah cape ngajak kita untuk turun duluan dan nunggu mereka di pos 2. Akhirnya kita turun dan sempet juga bingung karena emang ada jalur gitu yang ngebelah, tapi untungnya kita sampe. Dan fyuuuuh duduk dengan angin sepoooy. Sekitar 15 menit kemudian mas Tri, Nirmala, temennya dan Dani turun. Kita duduk-duduk sebentar, makan dan minum. Disitu rasanya aku laper banget. Cuma males makan. Bingung juga keadaan pas itu maunya perut apa. Karena disitu ngga ada air lagi untuk minum, akhirnya Nirmala ajakin kita semua turun dan duduk di warung deket pintu masuk. Setelah jalan 10 menitan, kita sampai di pos 1 buat acc kepulangan. Alhamdulillah bisa naik dan turun dengan selamat meski ada beberapa kejadian tapi ngga begitu ngaruh :) ngeselinnya pas jongkok di pos 1, nunggu Astri acc kepulangan, aku kebentur genteng pos 1. Sakitnya ngga seberapa. Malunya itu adeuuuuuuuh.

Jam 2 kurang kita sampai di smp tempat parkir motor. Disana ada mushola tapi ngga ada air untuk wudhu. Aneh sekali aneeeh. Ngga jadi itu shalat disana. Akhirnya kita duduk di warung kurang lebih 15 menit dan memilih untuk pulang karena perasaan hati juga udah ngga jelas. Mas Tri, Ikmal, Dani dan Imam milih buat shalat di masjid deket situ tapi aku, Astri, Nirmala dan temennya milih pulang duluan dan shalat dirumah aja. Lumayan pulang lebih cepet meskipun nyasar karena ngga keluar di gerbang pasar sukatani wkwk. Awalnya aku yang nyetir, tapi akhirnya tukeran sama Astri karena aku ngga sanggup dengan alasan ngantuk juga kaki yang pedih bekas kena batu itu. Cuma overall aku seneng banget hari itu.



Thanks buat Astri, Nirmala, Mas Tri, Ikmal, Dani, Imam dan Temennya Nirmala. Kalian maximaaaal. Semoga kapan-kapan kita bisa naik gunung kali dengan persiapan yang begitu matang dan lebih mengesankan.

XOXO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar